Laboratorium Riset FK Unsoed memiliki alat baru Hematology Analyzer, Biochemsitry Analyzer, dan Leica Microscop Camera

Sesuai dengan visi dan misi Laboratorium Riset FK Unsoed untuk menjadi Laboratorium Biomedik rujukan pada tingkat regional tahun 2020, Lab Riset FK Unsoed mendatangkan alat baru berupa Hematology Analyzer, Biochemsitry Analyzer, dan Leica Microscop Camera. Alat-alat tersebut melengkapai peralatan yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna baik para peneliti, mahasiswa, maupun masyarakat umum yang akan melakukan tes-tes kesehatan. Spesifikasi kemampuan alat-alat tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Hematology analyzer adalah alat yang mampu menampilkan data hemtatology rutin seperti halnya kadar hemoglobin (Hb), MCV, MCH, RDW, LED, leukosit, trombosit, hitung jenis leukosit. Kedatangan alat ini melengkapi kemampuan Lab Riset FK Unsoed untuk melakukan skrining Thalassemia pada tahapa awal. Seperti diketahui skrining awal karier Thalassemia dapat dilakukan dengan murah (┬▒ 50 ribu) dengan mengetahui indeks sel darah merah seperti tersebut di atas. Jika pada skrining awal dicurigai membawa gen thalassemia, maka pemeriksaan akan dilanjutkan ke tahap 2 untuk lebih memastikan diagnosis berupa hemoglobin elektroforesis yang saat ini juga sudah dimiliki oleh RS Margono Soekardjo Purwokerto. Hematology analyzer juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai penelitian terkait dengan indeks eritrosit seperti pada penelitian anemia, penelitian penelitian infeksi, atau penelitian yang terkait dengan respon obat terhadap pengaruh hematology.
  1. Biochemsitry Analyzer adalah alat yang mampu menampilkan data-data kimia klinik seperti kadar kolesterol, kadar trigeliserida, kadar Gula darah, kadar SGPT, SGOT, Bilirubin, LDH, LDL, Uruem, Cholisesterase, Iron, TIBS, dl
  2. Camera Leica adalah alat yang menjadi salah satu pelengkap mikroskop Leica yang mampu menampilkan gambar langsung dari slide preparat untuk kemudian dibuat dalam bentuk softcopy. Kamera juga dilengkapi dengan VGA sehingga dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran kelas serta Wifi sehingga dapat diakses melalui remote equipments. Dengan kamera ini peneliti atau mahasiswa dapat mendokumentasikan hasil slide preparatnya.

Semoga cita cita untuk menjadi laboratorium rujukan biomedik 2020 dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *