DNA Paternity-Maternity, Apa dan Bagaimana ?

Apakah  DNA Paternty Test itu ?

DNA paternity Test adalah suatu test untuk mengevaluasi apakah seorang pria adalah ayah biologis dari seorang anak.

Apakah  DNA Meternity Test itu ?

DNA Maternity Test adalah suatu test untuk mengevaluasi apakah seorang ibu adalah ibu biologis dari seorang anak.

Mengapa saya harus menggunakannya?

Pada suatu waktu test ini bermanfaat untuk  memberikan kepastian akan suatu keraguan,  apakah saya, anak saya atau keluarga saya adalah memang keturunan biologis saya. Paternity test menentukan status ayah biologis sedangkan maternity test menentukan status ibu biologis. Beberapa keluarga menginginkan ikatan batin yang pasti dengan menentukan status keayahan dan keibuan mereka.

Home DNA Paternity Test atau  “tes non-hukum”  adalah jenis tes yang dapat digunakan oleh anda atau pasangan anda untuk urusan kekeluargaan. PAsangan dapat melakukan order test ini secara mandiri. Pengambilan sampel dapat dilakukan sendiri tetapi harus  atas persetujuan semua pihak. Jenis tes ini mungkin tidak diterima untuk tujuan hukum. Jika diperlukan untuk tujuan hukum, maka Legal DNA Test harus dilakukan. Tes ini memerlukan beberapa syara misalnya harus secara sadar dilakukan oleh semua belah pihak, pengambilan sampel dilakukan oleh tenaga ahli dan dibawah saksi-saksi, dan dilakukan legalisasi oleh aparat hukum (notaris/polisi/jaksa/hakim).

Bagaimana itu dilakukan?

Untuk Home test kit, anda akan diberikan sample kit yang berisi material pengambilan sampel dan juga surat pernyataan yang harus ditandatangani oleh semua pihak. Sampel akan diambil dari swab mukosa mulut. Semua petunjuk atau cara pengambilan sampel akan jelaskan secara detail dalam kit tersebut. Setelah semua material sudah disiapkan, maka sampel harus dikirim kembali bersamaan dengan surat pernyataan yang telah ditandatangani. Sampel akan segera dikerjakan oleh tim laboratorium setelah tiba. Hasil akan dapat disampaikan kurang lebih dalam waktu 1 -3 minggu kemudian.

Bagaimana saya memesan  kit ini ?

DNA test ini menawarkan pengalaman dan perasaan yang berbeda untuk setiap orang. Sangat disarankan anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada kami melalui email : risetfk@unsoed.ac.id atau melalui telpon 0281 622022 ekstension 110.

Please follow and like us:

2 thoughts on “DNA Paternity-Maternity, Apa dan Bagaimana ?

  1. Dimana dan bagaimana melakukan test DNA dan berapa biayanya ( tes dna untuk ayah dari bayi ). Terimakasih.. tolong dibalas secepatnya..

    1. Dear Lia, terima kasih atensinya. Perlu diketahui ada 2 jenis pemeriksaan DNA test keayahan.
      1. Home test : untuk kepentingan pribadi (tidak dapat dijadikan justice approval).
      2. Legal test : untuk pengadilan(harus ada perintah legal formal dari pengadilan).
      Saat ini kami menyediakan layanan home test. Individu yang disiapkan : Ayah (suspect), Anak, Ibu.
      Material yang diambil adalah bucal swab : http://riset.fk.unsoed.ac.id/2017/03/26/dna-sampling-dengan-buccal-swab/

      Silahkan jika ingin berkonsultasi lebih lanjut dapat berkirim email di risetfk@unsoed.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *