“Automated Cell Counter”- Alat Penghitung Sel Hasil Kultur-

Pada aplikasi atau penggunaan kultur sel, secara sederhana dan klasik menggunakan hemocytometer sebagai alat hitungnya. Namun hal ini memiliki beberap kelemahan seperti tingkat akurasi, prosedur yang tricky, dan waktu yang lumayan lama. Saat ini laboratorium kultur lab riset FK Unsoed telah memiliki “Countess II FL Automated Cell Counter” yang dapat membaca dan menentukan hasil kultur dalam waktu yang lebih cepat dan tingkat akurasi yang sangat tinggi.

Flow  cytometry dan manual hemositometer serta mikroskop adalah gold standar untuk analisis ekspresi protein fluorescent, tapi keduanya membutuhkan pelatihan advance bagi pengguna dan instrumentasi yang relatif mahal.

Countess II FL  mampu menghitung sel hasil teknik fluresensi dengan akurasi yang sebanding, tetapi dengan perputaran waktu yang lebih cepat dan lebih besar serta efektivitas biaya dan mengurangi variabilitas antar pengguna.

Saat ini fakultas kedokteran Unsoed akan running Countess II FL Automated Cell Counter sebagai bagian terintegrasi pada lab kultur. Diharapkan adanya penambahan fasilitas ini dapat meningkatkan produktivitas peneliti di lingkungan Unsoed dan sekitarnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *